Pengetahuan

Android

Hot News

Cara Membuat Tema Windows 7

 

Cara Membuat Tema Windows 7
Anda pengguna Windows 7 yang suka gonta-ganti tema, mungkin ingin menggunakan gambar favorit Anda sebagai tema Windows 7. Namun, sayangnya Anda tidak menemukan tema yang menggunakan gambar tersebut. Lalu bagaimana solusinya?
Solusinya adalah dengan membuat theme Windows 7 sendiri. Contohnya tema Windows 7 Iron Man dan Tema Windows 7 Ramadhan yang pernah saya posting di blog ini. Tema tersebut adalah buatan saya sendiri. Walaupun gambarnya saya ambil dari beberapa situs.
Bagi Anda yang tertarik untuk membuat tema Windows 7 sendiri, kali ini saya akan memposting tutorial cara membuat tema Windows 7. Caranya cukup mudah dan tidak memerlukan software tambahan untuk membuatnya.
Sebelum Anda mulai membuat tema Windows 7, ada beberapa hal yang mesti Anda siapkan terlebih dahulu yaitu gambar background yang nantinya akan menjadi wallpaper dari tema Windows 7 yang akan dibuat. Anda bisa menyiapkan beberapa gambar antara 5 sampai 10 gambar. Namun, jangan terlalu banyak agar nantinya file theme-nya tidak terlalu besar. Selain itu, ada baiknya jika resolusi atau ukuran gambar-gambar tersebut diusahakan hampir sama.
Selain gambar, Anda juga bisa menyiapkan sound (suara) yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai sound scheme tema Windows 7 tersebut. Misalkan suara saat Windows start-up, shut down dan lain-lain. Namun, jika Anda tidak mempunyai sound scheme, Anda bisa saja menggunakan sound scheme yang sudah tersedia di Windows 7.

Cara Membuat Tema Windows 7 Step by Step

Setelah semua hal yang dibutuhkan siap, kini saatnya Anda mulai membuat tema Windows 7 kreasi Anda sendiri. Berikut langkah-langkahnya:
I. Buka Jendela Personalization
Jendela Personalization Windows 7 adalah jendela untuk emngatur tampilan desktop Windows 7. Disini Anda bisa mengatur wallpaper, screen saver dan lain sebagainya, termasuk untuk membuat tema Windows 7. Untuk membukan jendela Personalization Windows 7, klik kanan pada area kosong di desktop dan pilih menu Personalize.
Menu Personalize
II. Menubah Wallpaper Tema
Ketika jendela Personalization terbuka, Anda akan melihat beberapa theme Windows 7 yang sudah terinstall di komputer. Hal pertama yang Anda ubah untuk membuat tema Windows 7 adalah wallpaper. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Masih di jendela Personalize, klik pada icon bertuliskan Dekstop Background yang ada di bagian bawah jendela.
  2. Ubah Desktop Background
    Klik gambar untuk memperbesar
  3. Pada jendela Desktop Background setting yang mucul, tentukan lokasi gambar yang sudah Anda siapkan diawal tadi dengan mengklik tombol Browse di sebelah kanan tulisan Picture Location.
  4. Pilih Wallpaper
    Klik gambar untuk memperbesar
  5. Setelah Anda mengklik tombol browse tadi, maka akan muncul jendela Browse For Folder. Pilih folder tempat Anda menyimpan gambar dan klik OK.
  6. Browse Folder Wallpaper
  7. Kemudian Anda akan melihat gambar-gambar yang Anda tentukan muncul di jendela Dektop Background setting. Jika Anda ingin tidak menyertakan sebuah gambar ke dalam tema, Anda bisa menghilangkan tanda centang (rumput) pada gambar tersebut.
  8. Selain itu, Anda juga bisa mengatur posisi gambar melalui pilihan Picture Posistion dibagian bawah. Anda bisa memilih posisi Fill, Fit, Stretch, Tile ataupun Center dengan mengklik pada menu dropdown yang disediakan.
    Anda juga bisa mengatur jarak waktu slideshow dari wallpaper melalui menu dropdown dibawah tulisan Change pictures every. Pengaturan ini untuk menentukan setiap berapa detik, menit atau jam gambar akan di ubah. Pengaturan ini berfungsi jika gambar wallpaper yang Anda gunakan lebih dari 1 (satu).
    Sedangkan cekbox bertuliskan Shuffle berfungsi untuk mengatur urutan gambar. Jika checkbox ini dicentang, maka gambar ditampilkan secara acak. Jika sebalikannya, maka gambar akan ditampilkan secara berurutan.
    Atur Wallpaper Tema
    Klik gambar untuk memperbesar
  9. Apabila semua pengaturan gambar selesai, klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.
Setelah Anda mengklik tombol Save Changes tadi, maka Anda akan kembali ke jendela Personalization dimana tema-tema yang terinstall ditampilkan. Namun ada sebuah tema baru yang muncul dengan nama Unsaved Theme.
Unsaved Theme
Klik gambar untuk memperbesar
Tema inilah yang baru Anda buat dan nantinya akan diberikan nama kemudian disimpan. Untuk saat ini biarkan dulu seperti itu dan pastikan masih tetap terpilih. Sebelum disimpan ada beberapa hal yang akan kita atur terlebih dahulu.
III. Mengganti Windows Color
Setelah mengganti wallpaper atau gambar latar desktop, selanjutnya yang bisa Anda atur adalah Windows Color. Windows color ini berfungsi untuk mengubah warna dari Start Menu, taskbar dan warna windows title bar. Berikut cara mengubah windows color:
  1. Masih dijendela Personalization, klik pada icon bertuliskan Windows Color di bagian bawah jendela.
  2. Windows Color
    Klik gambar untuk memperbesar
  3. Selanjutnya jendela Windows Color and Appearanceakan terbuka. Di jendela ini sudah tersedia beberapa color palette yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan.Jika Anda ingin agar warna Start Menu, Taskbar dan Windows title transparan, berikan tanda centang (cek) pada checkbox Enable Transparency.
    Warna Tema Windows 7
    Klik gambar untuk memperbesar
    Apabila Anda ingin agar warna sedikit lebih cerah atau lebih gelap, geser slider Color intensity ke kanan atau ke kiri.
    Namun, jika warna yang Anda inginkan tidak tersedia pada color palette yang disediakan, Anda bisa menentukan warna sendiri melalui color mixer. Klik tanda panah disebelah tulisan color mixeruntuk menampilkan color mixer. Atur Hue, Saturation dan Brightness sesuai dengan yang Anda inginkan.
  4. Apabila semuanya sudah sesuai selera, simpan perubahan dengan mengklik tombol Save Changes. Anda akan kembali lagi ke jendela Personalization.
IV. Mengganti Windows Sound
Selain wallpaper dan windows color, dalam membuat tema Windows 7 Anda juga bisa menentukan windows sound (suara) dari theme tersebut. Untuk mengubah windows sound ikuti langkah-langkha berikut:
  1. Masih dijendela Personalization, klik pada icon bertuliskan Sounds  disebalah icon Windows Color tadi.
  2. Ubah Sound
    Klik gambar untuk memperbesar
  3. Kemudian akan muncul jendela Sound setting. Di jendela ini, Anda bisa memilih sound scheme yang sudah tersedia dengan mengklik kotak dropdown di bawah tulisan Sound scheme.
  4. Pilih Sound Scheme
    Klik gambar untuk memperbesar
  5. Anda bisa mencoba suara dengan mengklik salah satu even kemudian klik tombol Test. Apabila Anda ingin mengantinya dengan file sound Anda sendiri, klik pada tombol Browse disebelah tombol Test tadi dan pilih file sound yang Anda inginkan.
  6. Apabila semua pengaturan selesai, klik tombol OK untuk menyimpan.
V. Menentukan Screen Saver Tema
Tema Windows 7 Anda akan lebih indah jika ditambahkan sebuah Screen saver. Untuk it alangkah bagusnya jika Anda menambahkan screen saver ke tema tersebut. Untuk menentukan Screen Saver dari tema Windows 7 Anda, ikuti cara berikut:
  1. Klik pada icon Screen Saver di bagian bawah jendela Personalization.
  2. Screen Saver
    Klik gambar untuk memperbesar
  3. Pada jendela Screen Saver Settings yang muncul, pilih screen saver yang Anda inginkan dan atur waktu tunggunya.
  4. Atur Screen Saver
    Klik gambar untuk memperbesar
  5. Apabila semuanya sudah selesai, klik OK untuk menyimpan.
VI. Mengganti Icon Desktop
Jika Anda ingin tema Windows 7 yang Anda buat nantinya juga mengganti icon desktop, Anda bisa juga mengaturnya sekarang. Caranya yaitu:
  1. Klik pada tulisan Change Desktop Icons disebelah kiri jendela Personalization.
  2. Menu Change Desktop Icon
  3. Pada jendela Desktop Icons Settings yang muncul, tentutkan icon mana saja yang akan ditampilkan dengan memberikan tanda cek pada item desktop icon.
  4. Untuk mengubah icon, klik pada item yang Anda inginkan, misalnya icon My Computer. Kemudian klik tombol Change Icon.
  5. Desktop Icon Settings
    Klik gambar untuk memperbesar
  6. Pada jendela Change Icon yang muncul, pilih icon yang Anda inginkan atau klik tombol Browse untuk memilih file icon yang sudah Anda siapkan. Klik OK untuk menyimpan.
  7. Lakukan langkah yang sama dengan langkah 3 dan 4 untuk mengubah icon item yang lain.
  8. Jangan lupa berikan tanda centang pada checkbox bertuliskan Allow themes to change desktop icons. Apabila sudah klik OK untuk menyimpan.
VII. Mengubah Mouse Pointer
Apabila Anda juga ingin agar tema mengubah mouse pointer, Anda juga bisa mengaturnya disini. Ikuti cara berikut untuk mengatur pointer mouse:
  1. Klik pada tulisan Change mouse pointers di bawah Change Desktop Icons tadi.
  2. Menu Change Mouse Pointers
  3. Pada jendela Mouse Properties, Anda bisa memilih scheme yang sudah ada melalui dropdown box Scheme.
  4. Jika Anda mempunyai file mouse pointer sendiri, Anda bisa menggunakannya dengan mngklik salah satu cursor yang akan diganti kemudian klik tombol Browse untuk memilih file pointer Anda.
  5. Mouse Pointers Properties
    Klik gambar untuk memperbesar
  6. Pastikan juga berikan tanda centang pada checkbox bertuliskan Allow themes to change mouse pointers. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
VIII. Menyimpan Tema Windows 7
Jika semua pengaturan sudah Anda agap selesai dan sesuai dengan selera Anda, kini saatnya Anda menyimpan tema Windows 7 buatan Anda. Caranya adalah sebagai berikut.
Seperti yang saya sebutkan diakhir langkah mengganti wallpaper diatas, ketika anda menyimpan pengaturan wallpaper makadi  jendela Personalization Anda akan menemukan sebuah tema baru dengan nama Unsaved Theme. Tema inilah hasil kreasi Anda, hanya saja belum diberikan nama dan disimpan.
Untuk memberikan nama dan menyimpannya, klik kanan pada Unsaved Theme tersebut. Maka akan muncul 2 submenu yaitu Save Theme dan Save Theme for Sharing.
Simpan Theme
Klik gambar untuk memperbesar
Jika Anda memilih menu Save theme, maka Anda hanya akan memberikan nama saja ke tema tersebut tanpa menyimpan file temanya ke computer. Sedangkan jika Anda memilih menu Save theme for sharing, maka Anda akan memberikan nama sekaligus menyimpan file tema-nya ke computer. File tema tersebut mempunyai ekstensi .theme seperti tema Windows 7 lainnya.
Dengan memilih opsi nomor 2 (Save theme for sharing), Anda dengan mudah membagikan tema Windows 7 Anda ke orang lain. Jadi saya sarankan pilih opsi Save theme for sharing.
Setelah Anda mengklik menu Save theme for sharing, maka akan muncul jendela Save Theme Pack As. Tentukan lokasi penyimpanan file theme di computer Anda dan berikan nama tema pada input File Name. Setelah itu klik Save untuk menyimpannya.
Lokasi Simpan Tema
Klik gambar untuk memperbesar
Ukuran file tema nantinya tergantung dari beberapa hal yaitu, jumlah gambar dan ukurannya. Semakin besar ukuran file gambar dan jumlahnya juga banyak maka ukuran file tema akan semakin besar. Begitu pula jika Anda menambahkan file sound, mouse pointer, icon sendiri (bukan bawaan windows) maka ukurannya akan semakin besar.
Jika Anda mempunyai ide untuk membuat tema Windows 7 sendiri dan ingin membaginya kepada orang lain, Anda bisa mengirim tema Anda ke saya. Nantinya tema Anda akan saya posting di blog ini. Namun, perlu Anda ketahui, tema yang Anda buat harus hasil karya sendiri dan gambar yang digunakan tidak dilindungi hak cipta (copyrighted).
Sekian tutorial cara membuat tema Windows 7 hasil karya sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Jika ada pertanyaan, silahkan posting melalui form komentar di bawah. Saya usahakan menjawabnya sebatas kemampuan saya.

Ditulis oleh BandhyT _ TKJ Cara Membuat Tema Windows 7 - rating 5

1 on: "Cara Membuat Tema Windows 7"

Untuk anda yang tidak memiliki blog dan ingin memberi pendapat.

1. Tulis pendapat anda.
2. Klik Beri Komentar Sebagai
3. Pilih Name/URL
4. Isi nama anda
5. Isi link/url facebook atau twitter anda
6. Publikasikan

Untuk Blogwalking dan Mencari Backlink bisa Menggunakan OpenID URL dan Name/URL.